in Linux-Ubuntu

routing, 4 ethernet, dan ubuntubox??

Lagi iseng kepikiran trus dicoba deh.. biasanya setting di mesin gateway hanya untuk 2 segment jaringan, yaitu jaringan lokal dan jaringan publik jadi cukup dengan menggunakan 2 buah ethernet card proses routing, komunikasi dan transfer data sudah dapat dilakukan. Nah mungkin ngga kalo sebuah ubuntubox [linuxbox] menjadi sebuah PC router dengan lingkup jaringan yang lebih luas, seperti misalnya 4 segment jaringan yang berbeda [4 ethernet card]? sepertinya bisa deh, apa sih yang ngga bisa di Linux? :P justru itu permasalahannya, kalo yang expert mungkin gampang aja jawabnya :( kalo pemula kayak saya gini gimana?

begini teknisnya..

linuxbox dengan 4 ethernet card

iface eth0 inet static

address 10.120.0.121
netmask 255.255.255.0
network 10.120.0.0
broadcast 10.120.0.255
gateway 10.120.0.201

iface eth1 inet static

address 192.168.123.123
netmask 255.255.255.128
network 192.168.123.0
broadcast 192.168.0.127

iface eth2 inet static

address 192.168.111.123
netmask 255.255.255.128
network 192.168.111.0
broadcast 192.168.111.127

iface eth3 inet static

address 192.168.222.123
netmask 255.255.255.128
network 192.168.222.0
broadcast 192.168.222.127

eth0 terhubung ke internet melalui gateway 10.120.0.201 yang dinginkan adalah host dengan ip 192.168.111.100 dan 192.168.123.100 dapat terhubung ke internet juga melalui ubuntubox ini sebagai gatewaynya. Pertanyaan sederhana lainnya, kenapa ubuntubox ini tidak terhubung langsung ke internet? jawabnya karena dalam jaringan ini ada satu gateway utama dan ubuntubox ini berfungsi sebagai PC router yang membatasi dan mengatur segment jaringan-jaringan kecil dibawahnya.

Saya udah mencoba dengan setting seperti pada 2 jaringan tapi jaringan belum bisa bekerja dengan baik. Jangankan terhubung ke internet, ubuntubox masih belum bisa terhubung dengan host. Begini maksudnya, jika host menggunakan ip 192.168.111.100 dan gateway 192.168.111.123 yang terhubung di eth2 pada ubuntubox, host tidak bisa melakukan ping ke ubuntubox dan tidak bisa terhubung ke internet. Tetapi jika host menggunakan ip 10.120.0.100 dan gateway 10.120.0.121 yang terhubung di eth0 pada ubuntubox ping dapat dilakukan dan internet berjalan lancar. nah loh? :D

Apakah iptables saja cukup untuk mengatur lalu lintas ini? [tapi kalo cukup kok belum bisa jalan?] ataukah memang dibutuhkan protokol routing seperti BGP dan program seperti quagga atau zebra agar permasalahan ini dapat terselesaikan? sepertinya masalah utamanya adalah saya memang belum cukup jago dalam hal ini :( . harus baca-baca lagi nih. Any Suggestion ? :D

Write a Comment

Comment

Riddle * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

  1. uhm, sepertinya udah ada perkembangan, soalnya itu ternyata yang masalah kabel utpnya..

    lupa ngecek, boleh dikasih soalnya… :D