in cuma tulisan..

Hujan bikin Banjir?

Emang hujan itu bikin banjir yah? padahal kan ujannya turun cuma sebentar, tapi kok bisa langsung banjir gitu sih? apa sebenarnya yang salah?


Beberapa hari ini katanya hujan turun ngga berhenti di Jakarta. Dampaknya juga bisa diduga, banjir dimana-mana. Rumah yang di sekitar Pamulang aja yang udah sekian lama ngga pernah kena banjir [waktu banjir besar di Jakarta tahun 2002 yang lalu rumah juga ngga kena..] eh sekarang ikut-ikutan kena.

Ngga kena juga sih sebenernya, cuma sampe ujung garasi aja, soalnya rumahnya agak tinggi, tapi tetangga ada yang airnya masuk ke kamar sampai setinggi lutut loh. Sampe panik aja mindahin barang2 keatas lemari. Biasanya kalo udah banjir kayak gini sih ngga cuma air aja yang jalan-jalan, segala sampah, kotoran, sampe binatang-binatangpun ikut tamasya juga. Kalo jaman dulu kecil waktu masih ada empang di deket rumah, kalo banjir ikannya pasti juga ikut meluap dari empang, dan biasanya anak-anak pada ikutan berburu ikan di jalanan [kan jalanannya banjir.. :D] kalo misalnya dapet dimasak di rumah deh.

Tapi banjir yang sekarang ini efeknya bener-bener kerasa, bahkan sampe di jogja. Data center Telkom di daerah Gatot Subroto yang katanya kebanjiran bener-bener bikin koneksinya telkom terganggu. Koneksi kampus jadi ngos-ngosan, dan kayaknya semua kampus [yang umumnya pake telkom] jadi ngga bisa ngenet dengan tenang. Sampe segitunya kan? ngga cuma para karyawan yang ngga bisa ngantor, orang-orang yang pada ngungsi, ngenetpun jadi ngga tenang.. :(

Apakah benar-benar cuma karena hujan? ato si Bogor yang suka kurang kerjaan ngirim-ngirim banjir ke Jakarta? mungkin ngga sesederhana itu. Karena Bankir itu kan udah langganan tiap musim hujan di Jakarta dan sekitarnya. Bahkan katanya udah bisa diprediksi. Kalo emang gitu, harusnya kan ada langkah nyata untuk bisa mencegah atau setidaknya meminimalkan efeknya biar ngga sampe seheboh ini kan? Pemerintah daerah harusnya bisa lebih fokus dalam mencari solusi untuk mengatasi masalah banjir ini. Banjir kanalnya kapan selese tuh? Warga juga seharusnya dapat berperan aktif untuk ikut membantu mengatasi masalah tahunan ini. Jangan merusak daerah bantaran kali dengan mendirikan bangunan permanen, jangan buang sampah sembarangan. Percayalah, warga juga yang nantinya rugi kalo kejadian banjir kayak sekarang. Ada warga yang berhari-hari terjebak di rumah, bahkan tadi siang liat di berita ada yang meninggal karena penyakit jantungnya kumat.. wah-wah…

Di Jogja emang ngga banjir sih, disini bahkan turun hujan aja jarang banget, tapi walaupun begitu efeknya terasa juga sampe kesini. Semoga aja semuanya bisa melewati saat-saat banjir ini.

Yah biar bagaimanapun kita tetep harus menghargai alam ini, karena jika tidak alam bisa saja memberikan kehancuran untuk manusia dalam sekejap. Semoga saja kita semua belajar untuk bisa lebih baik lagi…

Write a Comment

Comment

Riddle * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

  • Related Content by Tag