in Linux-Ubuntu

Seri bermain dengan RedHat Enterprise Linux 4 AS : [1] instalasi

Beberapa waktu yang lalu saya kebagian tugas buat menginstall server proxy di mesin yang baru datang. Sayangnya mesin ini tidak diperbolehkan diinstal ubuntu karena ada request dari yang punya agar menggunakan RHEL 4 AS yang kayaknya memang license. Berikut ini adalah hal-hal yang sempat saya dokumentasikan selama mengerjakan dari proses instalasi sampai nanti proxy ini diuji coba.

Kita mulai dari proses instalasi, cd instalasi RHEL 4 AS ada 4 buah. Karena saya sudah sangat lama sekali tidak menginstal keluarga RedHat [terakhir menginstall waktu fedora core 2 rilis] maka saya berharap semoga saja proses instalasinya tidak banyak berubah… hehe…

Pertama nyalakan komputer kemudian pilih opsi “boot from cd” dan masukkan cd 1. Setelah itu proses akan berlanjut ke instalasi RedHat. Untungnya dari segi penampilan dan menu tidak terlalu berubah jadi ngga ngerasa asing banget. Dalam proses instalasi ini yang saya lakukan hanya mengikuti pilihan default dari installer dan kemudian saat setting partisi saya menggunakan pilihan LVM dan mengatur ukuran dari partisi sesuai pesanan ;).

Proses berlanjut saat memilih paket, saya memilih proses manual untuk memilih paket-paket yang dibutuhkan saja, seperti misalnya apache webserver, tool development seperti GCC, make, menghilangkan xwindow, dll. setelah selesai kemudian mengisi password root [lama ngga ngisi ginian, soalnya di ubuntu ngga ada] dan proses instalasi paket dilanjutkan.

Setelah proses instalasi yang menggunakan 4 cd [iya 4 cd kepake semua heran..] maka komputer di restart dan sistem operasi bisa langsung dicoba. Disini timbul keanehan, kenapa jadi ada Xwindownya? kayaknya tadi ngga diinstall deh… Setelah diperiksa berulang kali memang tidak diinstall saat memilih paket secara manual. Bingung deh, tapi setelah tanya2 katanya emang gitu… emang beneran gitu yah? Wah heran aja saya, sebenarnya bisa aja memilih opsi minimal tapi hal itu tidak saya lakukan karena saya hanya menjalankan request ;).

Okelah gpp, bisa diakalin dengan merubah pilihan di /etc/inittab dan mematikan xwindow, hehe… tapi tetap aja janggal buat saya… Habis ini saya masih harus mengkonfigurasi beberapa hal, lanjut ke seri berikutnya yah… :D

Write a Comment

Comment

Riddle * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.