Roadshow Linux YPLI akan singgah di Jogja

*Tulisan ini disalin tanpa ijin dari http://roadshow.ypli.org :D

Roadshow Linux telah diselenggarakan dibeberapa tempat antara lain, Tuban, Raha, Cilegon, Rembang, Semarang, Makassar, Madura, Lhokseumawe dan lain-lain.

Roadshow Linux akan mampir di Kota Jogja.
Acara ini terbuka untuk umum.

Pelaksanaan Roadshow Linux :
Hari, Tanggal : Sabtu, 19 Juli 2008
Pukul : 09.00 WIB
Tempat : Ruang Workshop Jogjatronik Mall Lt. 1, Jl Brigjend Katamso No 75-77 Gondomanan Yogyakarta

Buruan….tempat terbatas !!!

Tempat pendaftaran :
Suluh Komputer, Jogja Komputer Market – Jogjatronik Lt. 2

Telp (0274) 420230 / (0274) 9351000
atau
Email : ubuntu[at]milisdad.web.id

Investasi : Rp. 20.000,00

Fasilitas :
– 1 orang 1 komputer
– Ruangan ber-AC
– Snack
– CD BlankOn 3
– Materi
– Sertifikat

Workshop by Request :
Anda sibuk?
Anda tidak sempat mengikuti workshop tanggal 19 Juli 2008?
JANGAN khawatir, kami tetap akan melayani anda.
Tanggal yang disediakan tanggal 20,26, dan 27 Juli 2008.
Syaratnya minimal 10 orang peserta.
Biaya investasi tetap, yaitu Rp. 20.000,00.

Sponsor :
– Jogjatronik Mall
– Jogja Komputer Market
– Combine Resource Institution

Pendukung Acara :
– Yayasan Air Putih
– Komunitas Ubuntu Indonesia
– Yayasan Penggerak Linux Indonesia
– Majalah InfoLinux
– PT. Bintang Samudra Utama

Demikian informasinya, pada ikutan yaah… :D

goosh, googling via shell?

googling tapi dari interface shell? pake perintah layaknya di terminal? cobain deh goosh, the unofficial google shell. Jadi kita bisa tetep menggunakan search engine google tapi dengan interface shell. Ini sedikit kutipannya

Goosh goosh.org 0.4.4-beta #1 Tue, 03 Jun 08 22:59:00 UTC Google/Ajax

Welcome to goosh.org – the unofficial google shell.

This google-interface behaves similar to a unix-shell.
You type commands and the results are shown on this page.

goosh is written by Stefan Grothkopp <grothkopp@gmail.com>
it is NOT an official google product!

Your language has been set to: en (use lang to change it)

Enter help or h for a list of commands.

guest@goosh.org:/web> help

help
command aliases parameters function
web (search,s,w) [keywords] google web search
lucky (l) [keywords] go directly to first result
images (image,i) [keywords] google image search
wiki (wikipedia) [keywords] wikipedia search
clear (c)   clear the screen
help (man,h,?) [command] displays help text
news (n) [keywords] google news search
blogs (blog,b) [keywords] google blog search
feeds (feed,f) [keywords] google feed search
open (o) <url> open url in new window
go (g) <url> open url
more (m)   get more results
in (site) <url> <keywords> search in a specific website
load   <extension_url> load an extension
video (videos,v) [keywords] google video search
read (rss,r) <url> read feed of url
place (places,map,p) [address] google maps search
lang   <language> change language
addengine     add goosh to firefox search box
translate (trans,t) [lang1] [lang2] <words> google translation
ls   [command] lists commands
cd   <mode> change mode

– Enter green commands without parameters to change default mode.
– Anything that’s not a command will search in current default mode.
– Aliases will expand to commands. Numbers will expand to corresponding search results.
– Use cursor up and down for command history.
– Enter keyword and hit the tab-key for tab-completion.

Lumayan keren, idenya itu loh biarpun shell tapi malah mirip command prompt windows :D

Jadi silahkan langsung dicoba sendiri aja yah?

Blankon 3.0 Lontara dirilis

Maap ini mungkin berita basbang, tapi biar tambah banyak yang tahu jadi saya juga ikut posting juga deh. :D

Blankon Linux 3.0 Lontara sudah dirilis pada tanggal 27 April 2008, selamat buat para pengguna linux karena sekarang bertambah lagi distribusi linux dengan cita rasa asli Indonesia, dan selamat juga buat para pengembangnya yang walaupun dengan tragedi penculikan alien tapi Lontara tetap bisa rilis tidak berjauhan dengan Hardy. Mudah-mudahan di rilis berikutnya saya bisa ikutan bantu para pengembang..

Seperti biasa, buat di sekitaran UPN Jogja, repo dan juga iso bisa didapat dengan mudah, silahkan datang ke kampus Teknik Informatika UPN Jogja. Sambil bawa makanan ringan juga boleh :P

beberapa petunjuk teknis :

Ubuntu 8.04 Hardy Heron telah dirilis

Bagi para penggemar ubuntu tentunya ini adalah sebuah kabar yang ditunggu. Ubuntu 8.04 sudah rilis. Beritanya bisa dilihat di situs ubuntu-id atau ubuntu.com. Oh ya, ini rilis LTS [Long Term Support] loh, jadi dukungan keamanan dan paketnya lebih lama dari rilis biasa. Udah punya iso atau cdnya? Kalo mau dikirim bisa minta langsung ke shipit, kalo punya bandwidth melimpah ruah bisa langsung ambil dari server yang ada di Indonesia seperti kambing, foss-id, repo ugm, dan server lainnya. Selamat mengambil dan mencoba ubuntu yang baru…

*Yang di sekitar UPN Jogja kalo mau bisa copy aja, saya lagi ambil iso-nya dari kambing :D

Squid Parent: child process exited due to signal 25

Tiba-tiba aja koneksi mati dan browsing timed out. Ngga tau kenapa tapi dugaannya langsung ke mesin proxy. Bener aja service squid-nya mati. Tapi begitu mau coba restart service kok failed melulu?

Ini hasil dari membaca log

[root@serverproxy ~]# tail -f /var/log/messages

Jan 17 08:48:50 squid[6181]: Squid Parent: child process 6183 exited due to signal 25
Jan 17 08:48:53 squid[6181]: Squid Parent: child process 6194 started
Jan 17 08:48:54 squid[6181]: Squid Parent: child process 6194 exited due to signal 25
Jan 17 08:48:57 squid[6181]: Squid Parent: child process 6204 started
Jan 17 08:48:59 squid[6181]: Squid Parent: child process 6204 exited due to signal 25
Jan 17 08:49:02 squid[6181]: Squid Parent: child process 6215 started
Jan 17 08:49:03 squid[6181]: Squid Parent: child process 6215 exited due to signal 25
Jan 17 08:49:06 squid[6181]: Squid Parent: child process 6225 started
Jan 17 08:49:08 squid[6181]: Squid Parent: child process 6225 exited due to signal 25
Jan 17 08:49:08 squid[6181]: Exiting due to repeated, frequent failures

Kenapa itu service setelah jalan kok beberapa saat langsung mati lagi.

Mencoba peruntungan dengan om Gugel ternyata memberikan sedikit pencerahan. Petunjuk utama ada di signal 25.

Ternyata signal 25 itu pertanda kalau ada file [dalam hal ini file log squid] yang besarnya lebih dari 2GB [tidak disupport sistem]. Sepertinya logrotate tidak berjalan dengan baik nih. Ya udah, hapus file lognya habis itu restart lagi service squidnya, lancar deh.. :D

referensi: http://www.squid-cache.org/mail-archive/squid-users/200206/0192.html

LinuxMint 4.0 [Daryna] Dirilis

LinuxMint Setelah kemaren tanggal 15 Distro asli buatan anak negeri Blankon 2.0 [Konde] dirilis,hari ini giliran LinuxMint 4.0 [Daryna] yang dirilis, Sama seperti Blankon 2.0 LInuxMint juga merupakan turunan dari ubuntu.

Kata orang bilang sih” kalo ubuntu itu buat orang yang udah males ngoprek Debian, nah LinuxMint itu buat orang yang udah males ngoprek ubuntu” ;))

Rilis terbaru ini kompatibel dengan ubuntu gutsy, dan dibangun dari rilis LinuxMint sebelumnya Celena. Saya juga masih ambil isonya dari kambing, karena saya cari di info UGM belum ada, padahal biasanya lumayan lengkap juga di info UGM, sampe yang versi light juga ada. Tapi gpp, di kambing juga sama lengkapnya kok, bahkan lebih update.. :D

Sejauh ini mencoba LinuxMint yang Celena oke2 aja, mudah2an yang baru ini juga tambah enak, walaupun di catatan rilisnya sih ngga terlalu banyak perbedaan…